Alpukat si Kaya Nutrisi Yang di Kenal 10 Ribu Tahun Lalu

manfaat alpukat

Kompas365 –¬†Avokado atau biasa kita lebih sering menyebutnya alpukat, Buah alpukat sering kita temui apabila di saat musim-musim buah ini. Buah tersebut memiliki daging yang sangat lezat juga di sukai banyak orang. Namun, pada awal kehadirannya buah yang satu ini di kenal bukan untuk di konsumsi, Mengapa demikian?

Ya, berdasarkan sebuah bukti, pohon yang tedapat buah alpukat ini di manfaatkan pertama kali di Puebla, Meksiko sejak 10 ribu tahun yang lalu. Dan di negara tersebut ada salah satu suku yang di kenal suku Maya, Aztex dan Inca tanaman buah ini menjadi alat bantu spiritual. Mereka juga menyakini bahwa pohon alpukat ini bisa memberi kekuatan.

Sementara suku Maya adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur.

Tercatat mengenai hadirnya buah alpukat di Peru. Menurut California Avocado Commision, ada arkeolog yang telah menemukan sebuah biji alpukat yang telah di kubur berdekatan dengan mumi.

Dan pada saat itu juga masyarakat kuno pun mulai mengonsumsi alpukat, Saat itu juga masyarakat di Eropa masuk ke Amerika Selatan, Mereka sengaja menanam pohon alpukat di kebun dan mulai memanfaatkan buah alpukatnya.

Tak hanya itu saja, masih ada empat fakta lainnya yang membuktikan mengenai buah alpukat. Apa saja?

Berikut Empat Fakta Mengenai Buah Alpukat :

1. Kandungan Kallium Alpukat Jauh Lebih Banyak di Bandingkan Pisang

Apa beda bedanya antara alpukat dengan pisang? Pisang juga termasuk salah buah yang mengandung kaya kallium. Tetapi kandungan kallium masih kalah jauh dengan alpukat karena di dalam alpukat mengandung 975mg kallium sedangkan pisang yang ukuran cukup besar hanya mengandung 487mg.

2.Makanan Alpukat Dapat Menurunkan Resiko Beberapa Tipe Kanker

Sebelum datangnya kanker, Konsumsilah alpukat karena di dalam alpukat mengandung antioksidan yang baik untuk melawan sel-sel penyebab terjadinya kanker. Dan menurut studi kesehatan mereka mengatakan kandungan ini bisa menurunkan resiko terjadinya kanker payudara, prostat dan mulut.

3. Makanan Yang Sehat Bagi Jantung

Alpukat mengandung lemak sehat yang di tubuhkan oleh tubuh manusia. Salah satunya adalah lemak yang terkandung di dalam buah alpukat dapat menurunkan kolesterol buruk LDL. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol yang satu itu dapat menyebabkan terjadinya arteri mengeras, terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh menjadi tebal dan kaku, bahkan terkadang bisa membatasi aliran darah ke organ-organ dan jaringan.

4. Orang Yang Makan Alpukat Akan Lebih Sehat

Jika anda melihat orang yang rutin mengonsumsi alpukat cenderung lebih sehat. Menurut para studi kesehatan, dan orang yang menggemari konsumsi alpukat itu cenderung banyak konsumsi sayuran juga, serta konsumsi rendah gula.

Masih ragu dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam buah alpukat?